Tajug-Sabtu 4 Juli kemarin kelompok Tani Sri Rrahayu Desa Tajug Kecamatan Karangmoncol Kabupaten Purbalingga Provinsi Jawa Tengah  mengadakan pertemuan rutin  selapanan. Dalam pertemuan kali ini kelompok tani Sri Rahayu membahas tiga agenda dalam rangka meningkatkan produksi padi di Desa Tajug. Ketiga Agenda tersebut yaitu yang pertama adalah membahas tentang gropyokan tikus, kedua adalah membahas rencana besut saluran irigasi, dan yang ketiga adalah mempercepat masa tanam.

Dalam sambutannya kepala Desa Tajug Bapak Kuswoyo menyampaikan bahwa “ Kepal Desa terus membuat penataan Desa termasuk di bidang pertanian. Dalam rangka mempercepat masa tanan mengingat saat ini sudah masa karo, sedangkan umur padi adalah kurang lebih 3 bulan, berdasarkan kebiasaan bahwa biasanya pada masa kapat saat sat sate banyu “ air sudah mengering”. Oleh karena itu dalam pertemuan tersebut Bapak Kepala Desa Mengajak para petani untuk segera melaksanakan ketiga agenda yang tersebut dalam sepekan kedepan.

Dari ketiga agenda yang telah direncanakan para petani menyambut baik apa yang disampaikan Bapak Kepala Desa dalam sambutannya. Dalam pertemuan itu disepakti bahwa Kegiatan Gropyokan tikus akan dilaksanakan pada hari Selasa 7 Juli 2020, kegiatan Besut Irigasi akan dilaksanakan pada hari Rabu, 8 Juli 2020.

PPL Kecamatan Karangmoncol untuk Tajug juga ikut hadir dalam pertemuan ini. Dalam kesempatan ini Bapak Mujianto menyampaikan bahwa berdasarkan pengalaman yang terjadi pada musim panen sebelumnya, untuk musim tanam selanjutnya merekomendasikan bibit IR dibadingka cilamaya. Beliau sampaikan bahwa dari segi tonase bibit cilamanya lebih bagus tetapi mempunyai kelemahan tidak tahan dengan hama wereng, dan apabila sampai kena maka habis. Untuk meningkatkan hasil pertanian belaiu juga mengingatkan kembali tentang SAPTA TANI kepada anggota kelompok tani yang ikut hadir dalam pertemuan tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *