Program Ketahanan Pangan Nabati dan Hewani Desa Tajug Kecamatan Karangmoncol Kabupaten Purbalingga

Menindaklanjuti Program Pemerintah Pusat, Pemerintah Desa Tajug mengganggarkan 20% dari anggaran Dana Desa untuk Program Ketahanan Pangan Nabati dan Hewani pada Tahun 2022. Adapun kegiatan dari program tersebut meliputi bidang peternakan, perikanan, dan pertanian.

Program tersebut disambut antusias oleh warga masyarakat Desa Tajug. Hal tersebut dibuktikan dengan terbentuknya kelompok – kelompok tani dan ternak di hampir semua grumbul yang ada di wilayah desa Tajug. Dengan terbentuknya kelompok – kelompok tersebut maka langkah pertama yang dilakukan Pemerintah Desa Tajug adalah dengan segera meresmikannya yang diwujudkan dengan pembuatan SK ( Surat Keputusan ) dari Kepala Desa. Alhasil terdapat kurang lebih 9 kelompok. Langkah selanjutnya kemudian mengumpulkan semua pengurus kelompok untuk bermusyawarah menentukan jumlah kebutuhan dari masing masing kelompok.

Pada bulan Maret di minggu kedua Tahun ini, tepatnya pada hari Rabu tanggal 9 maret 2022 yang lalu, PPL Pertanian dan Perikanan Kecamatan Karangmoncol meninjau dan mensurvei lokasi / lahan dari kelompok yang ada. Dalam kegiatannya beberapa kelompok terpantau masih dalam tahap persiapan dan pembenahan serta perbaikan kolam ikan dan kandang ternak.

Dengan adanya Program ini Pemerintah Desa Tajug berharap semua pengurus beserta anggota kelompok semangat bekerja keras untuk bisa mewujudkan kelompok usaha yang sukses, berkembang, dan kedepannya bisa usaha mandiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.